Perencanaan keuangan Masa Depan

Dengan berjalannya waktu pada kehidupan manusia, tidak bisa dipungkiri kebutuhan akan semakin meningkat. Baik itu kebutuhan primer, sekunder, maupun tersier. Ada tiga fakta kehidupan yang bisa terjadi pada siapapun. Baik itu pada masyarakat ekonomi lemah maupun yang ekonomi kuat. Tiga fakta tersebut adalah:

1. Hidup terlalu lama.

Bisakah kita membayangkan jika kita diberi umur oleh Tuhan sang Pencipta dengan waktu yang sangat lama. Misalkan saja hidup kita sampai 100 tahun, apakah kita bisa menolak hal itu? Tentu tidak bukan? Jika itu terjadi pada kita, saya atau anda, apa yang akan kita lakukan untuk mempersiapkan hal itu. Mau tidak mau, kebutuhan untuk bertahan hidup makin lama akan semakin besar, sudah siapkah kita?

2. Hidup terlalu singkat.

Pernahkah Anda bertemu dengan saudara, sahabat, atau teman dan kemudian esoknya sudah tiada? Padahal usianya masih terlalu muda. Pernahkah kita membayangkan bagaimana perasaan orang-orang yang ditinggalkan orang tersebut. Ya kalau orang itu masih single, atau belum berkeluarga. Tetapi jika orang tersebut baru saja mempunyai anak kecil yang masih butuh perlindungan dan orang tersebut adalah tulang punggung keluarga, bagaimanakah anak dan istrinya? Pernahkah anda membayangkan jika itu terjadi pada Anda? Apa yang bisa Anda persiapkan mulai dari sekarang?

3. Sakit atau kecelakaan

Tidak bisa dipungkiri setiap manusia baik saya ataupun anda tentu pernah mengalami yang namanya sakit. Apakah selama hidup di dunia Anda yakin akan sehat selamanya? Tentu tidak bukan? Survey membuktikan akhir-akhir ini penderita jantung semakin meningkat. Tahukah Anda berapa biaya yang diperlukan untuk penanganan sakit jantung? Menurut KOMPAS besarnya biaya operasi jantung ini ratusan juta. Bahkan di Singapura besarnya biaya sampai lebih dari Rp. 200jt. Selain penyakit jantung, penyakit yang sekarang sedang marak diderita masyarakat Indonesia adalah stroke. Stroke juga membutuhkan biaya sangat banyak, disamping itu pula penderita tidak akan bisa melakukan apapun. Apakah Anda pernah membayangkan jika hal itu terjadi kepada Anda? Apakah Anda mempunyai jaminan yang cukup untuk mempersiapkan jika hal itu terjadi. Itu baru sakit, jika kecelakaan dan ternyata berakibat fatal yang menyebabkan orang-orang tercinta yang membutuhkan kita sebagai tulang punggung mereka menjadi terlantar. Apa kita juga pernah membayangkan hal itu?

Dari kesemua tiga fakta di atas semuanya membutuhkan perencanaan keuangan untuk diri sendiri maupun keluarga, mulai dari sekarang. Mau tidak mau kita semua harus merencanakannya. Nah, bagaimanakah cara merencakan yang baik? Tentu kita membutuhkan financial conselor yang handal, yang mampu merencanakan dengan detail dan baik untuk keluarga Anda tercinta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s