Masih membuang sampah sembarangan?

Budaya membuang sampah di tempat sampah, atau di tempat yang seharusnya perlu ditanamkan pada anak-anak kita sejak dini. Hal ini pun saya terapkan kepada anak-anak saya sejak mereka berumur satu tahun. Meskipun mereka belum mengerti apa guna dan manfaatnya saya selalu mengatakan pada mereka ini harus dilakukan agar lingkungan bersih dan tidak ada semut jadinya adik tidak digigit semut. Ketika di jalan atau bepergian pun bungkus makanan pun saya simpan di kantong baju atau tas, kemudian begitu tiba di rumah atau di tempat tujuan, saya dan anak-anak langsung mencari tempat sampah untuk membuangnya.

Jika hal ini dilakukan oleh semua orang niscaya tidak ada cerita kita melihat orang di jalan raya dengan seenaknya membuang sampah entah itu sampah kering atau pun basah.

Seperti yang saya dapati ketika malam hari saya berangkat menuju hotel Trio Indah 2-Malang, pada hari Selasa 24 April 2012 . Ketika saya melintas di Jl Sunandar Priyo Sudarmo sekitar pukul 18:00 sebuah mobil Honda CRV bernopol L xxxx KX,  seenaknya membuang kulit jeruk yang bertepatan di depanku. Jika anda melihat kejadian itu apa yang kamu pikirkan saat itu?

Teman satu kantor dengan saya yang pernah tinggal lama di Singapura sharing dengan saya bagaimana ketatnya peraturan di sana agar warganya tidak membuang sampah sembarangan.  kalau anda  suatu ketika  tertangkap kamera atau tertangkap petugas karena membuang sampah sembarangan. Anda harus siap merogoh kocek untuk membayar denda 500SGD kalau dengan kurs rupiah pada saat ini setara dengan Rp3.460.000,- atau siap siap merasakan hidup dibalik terali besi selama 1 hingga 3 bulan. Aturan ini juga dengan ketat dan kuat diterapkan juga kepada seluruh warga Singapura, hampir tidak pernah kita melihat mereka membuang sampah sembarangan apalagi ditempat umum atau ditempat yang banyak dilalui orang.

Dan peraturan ini juga ada di  Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, mendenda setiap warga yang membuang secara ngawur sebesar Rp 25 juta.

Bagaimana dengan didaerahmu ?

Yuk sharing tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

Sumber:

http://loneknight.multiply.com/journal/item/68

http://forum.detik.com/buang-sampah-sembarangan-didenda-rp-25jt-t239342.htmlmembuang sampah di tempat sampah

Tinggalkan Balasan

