Sudah terbiasa membuang sampah di sembarang tempat ?

Untuk kedua kalinya saya membahas masalah membuang sampah. Mungkin membuang sampah bagi sebagian orang dianggap sebagai hal yang sepele.  Tapi tidak demikian bagi saya. Karena semua yang besar itu berawal dari yang kecil. Kalau hal yang paling sepele, hal yang paling ringan, hal yang paling kecil tidak bisa kita lakukan, bagaimana bisa hal itu menjadi besar. Orang bisa sukses tentu berawal dari kecil juga khan…..

Seperti pengalaman saya pagi hari ini ketika mengikuti jalan sehat yang diselenggarakan oleh PKS kota Malang dalam rangka memperingati Milad PKS yang ke -14 dan mensosialisasikan Bpk Arif HS sebagai Cawali kota Malang dari PKS. Semua peserta diminta MC untuk mengumpulkan sampah pada tempatnya, paling tidak sampah terkumpul jadi satu agar panitia atau orang yang ditugaskan untuk membersihkan sampah nantinya lebih gampang. Tetapi yah mungkin sudah menjadi karakter rakyat kali ya, ada saja yang membuang sampah disana sini. Duh….susaah banget ya mengkoordinir banyak orang itu. Ini baru berapa ratus orang kalau mengkoordinir satu negara? Itulah mengapa menjadi pemimpin itu tidak mudah. Perlu ilmu dan keteladanan yang harus diperlihatkan oleh para calon pemimpin dimanapun itu. Lead by excample, itu motto yang tepat menurut saya.

Setelah acara tersebut usai, saya pun bergegas untuk pulang karena ada dua agenda yang menanti dirumah. Sesampai di Jl Raya Bugis, tepat dihadapan saya ada sebuah mobil Toyota Kijang Innova bernopol N xxxx WU dan bertuliskan kalimat Syahadat di kaca bagian belakang mobil tersebut. Keren banget mobil ini pikirku. Tak lama setelah itu kaca mobil bagian depan sebelah kiri dibuka oleh pengendara mobil tersebut. Dan apa yang ia lakukan? Dia membuang tissue keluar jendela begitu saja.  Sayapun jadi geleng-geleng kepala. Apa yang  naik mobil tersebut tidak malu pada tulisan di mobilnya kali ya….

Saya pun penasaran jadi pengen tahu tampang orang yang ada di mobil tersebut, apalagi yang membuang tissue tadi. Saya melacu dengan sepeda motor Spacy helmin dengan lebih kencang sehingga bisa berada di mobil itu. Saya menoleh ke kanan, eh yang membuang tissue tadi seorang wanita berjilbab dan lumayan cantik juga. Tapi sayang sekali perilakunya nggak cantik.

Apa mungkin membuang sampah sembarangan di jalan raya sudah menjadi hal yang wajar dan memang nggak aneh di jaman sekarang ini ya?

Itu pengalaman saya hari ini. Bagaimana dengan anda?

Tinggalkan Balasan

