Museum Satwa

Saatnya liburan sekolah pastinya anak-anak sekolah ataupun yang sudah duduk di bangku kuliah bingung mau kemana ngabisin waktu liburan.  Gak mau donk kalau cuman duduk-duduk saja di rumah. Bosen, bete, jenuh itu yang dirasakan. Bagaimana dengan yang sudah jadi orang tua? nggak ikut ngerasain liburan tapi terkadang malah pusing mikirin mau ngajak anak-anak mereka liburan kemana.

Salah satu alternatif tempat liburan yang juga bersifat edukatif adalah Museum Satwa. Museum Satwa yang terletak di Jl Raya Oro-oro Ombo No 9 Kota Wisata Batu-Malang- Jawa Timur merupakan Museum Satwa terbesar dan terlengkap di Indonesia.  Museum ini menyajikan satwa-satwa yang diawetkan dan fosil-fosil purba yang didatangkan dari berbagai Negara diseluruh benua, seperti benua AmerikaAfrikaAsiaAustralia,EropaArtik, dan Antartika. Sesuai dengan tujuan didirikannya yaitu sebagai Lembaga Konservasi Ex-Situ Satwa Liar, maka seluruh satwa awetan yang ada di Museum Satwa diperoleh tidak dengan sengaja diburu tetapi diawetkan dari satwa yang telah mati. Selain itu Museum Satwa juga menyajikan replika satwa purba seperti ApatosaurusTyrannosaurus-RexStegosaurusMammoth, dan replika satwa purba lainnya.

Meskipun saya tinggal di Malang, tetapi baru kali ini bisa berkunjung ke Objek Wisata ini. Itu pun karena harus mendampingi anak-anak saya liburan ke sini bersama teman-teman dan para guru dari TKIT Salman Al-Farisi. Duh kebangetan banget kali ya. ….

Pilihan dari para guru saya pikir tepat sekali.  Selain untuk ajang liburan, anak-anak  bisa mengenal jenis-jenis fauna yang ada di bumi ini sejak dini.

Untuk bisa masuk ke Museum Satwa pastinya harus beli tiket dulu. Tiket masuk ke Museum Satwa bisa dibilang cukup murah.  Cukup dengan Rp 20.000,- kita sudah bisa masuk ke sini. Biarpun hari biasa ataupun hari  libur harga tiket tetap sama. Murah khan…

Museum satwa ini bagian dari Jatim Park 2. Jadinya setelah keluar dari Museum Satwa pengunjung belum capek bisa lanjut tuh ke Jatim Park 2. Saya  pribadi sich  baru dapat separuh melihat-lihat di Museum Satwa sudah capek banget. Kaki ini yang gak bisa diajak kompromi. Tapi emang Museum ini luar biasa luas banget. Namanya juga terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Ini nih foto-foto waktu saya dan rombongan dari TKIT Salman Al-Farisi berkunjung ke Museum Satwa.

patung gajah di luar museum

Klik untuk melihat isi Album

Museum Satwa dari Luar

Klik untuk melihat isi album

Peta lokasi

Peta lokasi

Berita seputar Wisata Museum Satwa Batu ada di sini.

2 thoughts on “Museum Satwa

  1. Nggak juga sich. Para guru utk nyari metode mengajar trus LKS juga banyak. Kmrn byk guru dr Bali juga ksana🙂. Di ruangan Khazanah Pengetahuan Fauna ditampilkan bagaimana cara mengajar kepada anak-anak tentang fauna dll

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s