Bercermin Pada Fakta

Hidup kita penuh dengan ketidakpastian. Gaya hidup sehat tak menjamin penyakit dan kematian akan menghilang.Karenanya kita perlu merencanakan perlindungan terhadap risiko tak terduga di masa depan. Kenyataan berkata, masih banyak orang Indonesia yang belum melihat asuransi sebagai pilihan.

Riset yang digagas AIA Financial, bekerjasama dengan MarkPlus pada tahun 2011 menemukan bahwa hanya dua dari lima orang Indonesia yang memiliki persiapan menghadapi risiko di masa depan. Sedangkan tingkat kepemilikan asuransi jiwa baru dapat menjangkau 1 dari 6 orang Indonesia.

Masyarakat masih punya persepsi yang keliru terhadap produk asuransi dan menganggap ini sebagai beban bagi sumber daya keuangan mereka.  Sebagian lagi tak terlalu memikirkan kesulitan menghadapi musibah di masa depan dan hanya bergantung pada nasibnya semata.

Padahal dalam tiga tahun terakhir, biaya pengobatan di Indonesia telah meningkat 10-14% (Laporan Towers Watson 2011). Tanpa perubahan struktur pendapatan di rumah tangga dan dengan tingkat inflasi sekitar 6,5%, biaya hidup dapat terus meningkat setiap tahunnya.

Menurut studi AIA Financial, rata-rata tingkat kesenjangan perlindungan antara kebutuhan financial di masa depan dengan proteksi yang tersedia di keluarga Indonesia mencapai 77%.  Studi Swiss Re menyatakan meskipun kenyataan perlindungan Indonesia telah menurun dari 88% pada tahun 2000 menjadi 78% pada tahun 2010, namun jumlah nominal kesenjangannya meningkat 11% setiap tahunnya terutama untuk kebutuhan memproteksi kematian.

Survey menyimpulkan pula bahwa hanya sebagian kecil responden yang membeli sendiri perlindungan asuransinya. Kebanyakan dari mereka mendapat perlindungan asuransi dari kantornyamasing-masing.

Asuransi seharusnya tidak dipandang sebagai beban pada sumber keuangan seseorang jika kita mampu merencanakan keungan dengan baik. Asuransi bukanlah beban tetapi aset.

Segera hubungi Financial Conselor dari perusahaan asuransi yang anda kenal.

Sumber : AIA Financial

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s