Risiko Kecelakaan, Kapan?

Terkadang diri kita sudah hati-hati ketika berkendara baik itu di jalan raya atau di manapun kita berkendara. Tetapi justru orang lain yang kurang berhati-hati dalam berkendara. Dan itulah terkadang yang menjadi penyebab kita bisa mengalami kecelakaan.

Seperti yang terjadi hari ini, 9 Sepetember 2012 pukul 13:00 di depan halaman parkir Gedung PSBB MAN 3 Malang yang terletak di Jl Bogor depan SD Lab UM. Ketika mau keluar dari halaman parkir, saya lihat ada mobil Avanza yang hendak parkir di sini juga. Makanya saya urungkan niat untuk keluar dahulu sampai mobil itu masuk untuk parkir. Setelah mobil itu masuk, saya baru untuk memutuskan keluar dari parkir itu. Saya hendak menyeberang dari Lingkungan Gedung PSBB MAN 3 Malang. Karena arus lalu lintas di situ sangat ramai, pastinya saya harus tengok kanan dan kiri sampai merasa aman untuk menyeberang jalan.

Eh belum juga menyeberang, mobil Avanza itu ternyata mundur tiba-tiba dan membuat saya terpelanting dari sepeda motor matic yang saya tumpangi. Sepatu saya terpental beberapa meter akibat terdorong mobil itu kebelakang. Saya pun berteriak-teriak kepada sopir mobil tersebut untuk menghentikan laju mobil yang ia kemudikan. Tapi sopir itu malah lebih menancap gasnya. Sampai ada pengendara mobil di seberang jalan yang berhenti dan berteriak-teriak sambill mengangkat tangan untuk berusaha memberikan intruksi agar sopir mobil itu menghentikan mobilnya tersebut. Dan akhirnya berhentilah mobil itu dan sopir itu pun keluar dari mobilnya. Orang di seberang jalan itu mengambil dan menenteng sepatu saya yang terpental beberapa meter dari posisi saya berdiri sambil membantu mengangkat sepeda motor saya yang roboh. Saya hanya bisa meneteskan air mata tanpa bisa berkata apapun karena saking syoknya saya saat itu.

Beberapa bapak-bapak di situ mencoba menenangkan saya. Dan pemilik mobil yang menabrak saya menanyakan pada saya apakah saya baik-baik saja. Saya hanya bisa mengangguk dan tetap meneteskan air mata. Saya bergegas meninggalkan mereka karena saya sedang buru-buru untuk pulang ke rumah untuk melihat anak-anak saya dan menyiapkan segala keperluan anak-anak saya, Karena hari ini saya ada kegiatan acara yang baru selesai sampai menjelang isya’. Makanya saya harus pulang ke rumah dulu untuk memastikan keadaan anak-anak saya baik-baik saja ketika saya tidak berada di samping mereka.

Jika saya tidak buru-buru mungkin saja saya akan meminta kerugian pada pemilik sekaligus sopir atau pengemudi mobil tadi. Karena jelas-jelas dia yang bersalah dalam hal ini. Dan karena dia lah sepeda motor saya jadi tergores sana sini, dan juga kaki saya keseleo. Tapi sudahlah semua sudah terjadi. Dan mungkin ini juga sudah digariskan sama Allah.

Itulah saudaraku semua, risiko kecelakaan bisa terjadi dan menimpa pada siapapun, kapanpun dan dimanapun. Kita tidak bisa memprediksi kapan datangnya dan seberapa parah akan menimpa kita. Apakah kita sudah menyiapkan jika itu terjadi pada kita. Dan pastinya jika itu terjadi biaya untuk pengobatan tentu hal yang tidak bisa kita hindarkan dan pasti akan kita pikirkan.

Yah kalau kita selalu ada dana setiap saat untuk hal itu. Jika tidak, tentu akan menjadi masalah buat kita dan tentunya untuk keluarga kita. Jangan sampai kita menyusahkan keluarga yang kita cintai. Salah satu jawaban untuk mengatasi hal itu adalah kita mempunyai proteksi diri terhadap kecelakaan. Segera miliki asuransi untuk memproteksi diri kita dari kecelakaan.

Asuransi memang dibeli ketika kita belum membutuhkannya. Justru saat kita membutuhkannya, kita tidak akan bisa mendapatkannya. Sedia payung sebelum hujan. Jangan sampai kita menyesal di belakang. Kalau nasi sudah menjadi bubur, kita tidak akan bisa mengubahnya menjadi nasi kembali.

Asuransi kecelakaan itu murah, alias tidak mahal kok. Di Perusahaan asuransi AIA Financial contohnya asuransi kecelakaan bisa kita miliki mulai dengan premi Rp 188.000/ Tahun, Hanya 50 rupiah perhari. Siapa yang nggak bisa menyisihkan uang sekecil itu? Semua pasti bisa memilikinya khan?

Saya hanya menginformasikan saja. Selanjutnya terserah anda.

Ini cerita saya dan pengalaman saya hari ini. Bagaimana dengan anda?

Tinggalkan Balasan

