Lindungi Masa Depan Anak

Pendidikan yang terbaik adalah warisan yang terbaik untuk anak-anak anda. Namun pada 10 tahun terakhir, berdasarkan sumber Trends of College Spending(1999-2000) biaya untuk pendidikan yang lebih tinggi tumbuh 200% atau 160%  di atas inflasi. Untuk itu apakah anda sudah menyiapkan dana pendidikan untuk buah hati tercinta anda dengan sebaik-baiknya dan sedini mungkin? Bagaimana perasaan anda, jika anak anda tidak bisa mendapatkan pendidikan yang diinginkan oleh mereka?

Orang tidak merencanakan kegagalan tapi mereka gagal dalam membuat perencanaan. Untuk itu buatlah perencanaan sebaik-baiknya mulai dari sekarang juga. Nah bagaimana cara merencanakannya? Tentu dengan menabung,bukan? Tapi berapakah yang harus saya tabung mulai sekarang agar anak kita nantinya bisa mendapatkan pendidikan yang sesuai seperti apa yang diinginkan oleh anak-anak kita?

  • Langkah pertama adalah menyurvey dulu berapa biaya pendidikan sekarang. Misalkan anak kita sekarang usianya adalah 2 tahun. Berarti dia masih melewati masa Playgroup, TK, SD, SMP, SMA dan di bangku kuliah. Dari masing-masing jenjang pendidikan tersebut berapa biaya yang harus dikeluarkan. Dari beberapa jenjang pendidikan tersebut, tentu yang paling banyak membutuhkan dana pada umumnya adalah tingkat perguruan tinggi. Kita buat prioritas untuk menyiapkan dana pendidikan  ketika anak kita kuliah saya nantinya.  Nah langkah pertama kita pikirkan, anak kita nanti yang cocok kuliah dimana, jurusan apa dan lantas kita survey sekarang ini biaya masuk sampai lulus kira-kira butuh dana berapa. Misalkan membutuhkan dana sebesar 500 juta. Berarti nilai 500 juta untuk 16 (18 tahun- 2 tahun)tahun lagi berapa? Tentu nilainya tidak sama khan? Dan pasti lebih besar tingkat kenaikannya dengan tingkat inflasi di Indonesia.

VF = VP * (1+i)n

VF = Value future= nilai yang akan datang

VP = Value present = nilai sekarang

i = interest yang berlaku saat ini

Misal dalam kasus ini ,

VF = Rp.500 juta * (1+4.8 %) 16

VF = Rp. 500 juta * (1 + 0,048) 16

VF = RP 942.824.571,-

Berarti selama 16 tahun kita harus mengumpulkan dana sebesar 4,6 Milyar untuk bisa memasukkan anak kuliah di perguruan tinggi tersebut.

Apakah kita sudah siap?

Jika kita ingin menabunng di deposito Bank asumsi bunga deposito nett setelah dikurangi pajak misalnya bunga deposito di bank adalah 6 % setiap tahunnya. Nett bunga deposito adalah 6%-bunga pajak. bunga pajak 20 %, jadi netto bunga deposito adalah 4,8%

Berarti selama 16 tahun kita harus menabung sebanyak Rp.51.635.828,-

Saya siap untuk membantu anda dalam merencanakan dana pendidikan anda dan saya siap memberikan cara lebih cerdas dan lebih mengoptimalkan potensi income anda dalam menyiapkan dana pendidikan anak dimanapun anda berada.

Contact saya 085646783976 / 089675937291

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s