Upacara Bendera Hari Kebangkitan Nasional

Hari Senin tanggal 20 Mei 2013 kemarin ada yang tampak aneh di lapangan Oro-oro Dowo depan kantor PT AIA Financial, dimana aku bekerja. Tampak beberapa orang memakai baju adat dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka sedang melakukan upacara bendera. Hari gini masih ada yang upacara bendera ya? Celetuk dalam hatiku. Kalau masih sekolah atau di bekerja di bidang pendidikan mungkin aja. Lah ini gak ada anak kecilnya gitu. Siapakah gerangan mereka.

Lihat jam di HP masih jam 8 lebih dikit. Bisa liputan nih pikirku. Eit, pakai sepatu high hell gini mau ke lapangan. Nggak banget dech. Masuk kantor cari pinjeman sandal jepit. Di tengah lapangan ada wartawan dari salah satu surat kabar di Malang. Bisa tanya-tanya sudah dapat apa aja di situ.

IMG00281-20130520-0831

Ternyata mereka sedang memperingati Hari Kebangkitan Nasional dengan melakukan upacara bendera. Sebelum cerita lebih jauh lagi mungkin ada yang belum ngeh apa itu Hari Kebangkitan Nasional.

Hari Kebangkitan Nasional di peringati untuk mengenang saat-saat bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan dan Nasionalisme serta kesadaran memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang sebelumnya tidak muncul (sulit) di masa penjajahan Belanda dan Jepang.

Masa kebangkitan ini diawali dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo (20 Mei 1908) dan ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928). 

Tokoh-tokoh yang mempolopori Kebangkitan Nasional, antara lain yaitu :

  1. Sutomo
  2. Ir. Soekarno
  3. Dr. Tjipto Mangunkusumo
  4. Raden Mas Soewardi Soerjaningrat (EYD: Suwardi Suryaningrat, sejak 1922 menjadi Ki Hajar Dewantara)
  5. dr. Douwes Dekker 

Sejarah lengkap dari Hari Kebangkitan Nasional bisa lihat di sini .

Kembali ke ceritaku kemarin ya🙂

Upacara Bendera kemarin itu diikuti oleh Encompass, Debu Nusantara, Dwi pantara Youth Orchestra dan beberapa organisasi daerah yang ada di Malang. Encompass  itu organisasi non goverment dan bisa disebut “Multicultural Organisation”. Adapun Dwi Pantara Youth Orchestra pimpinan Bpk Agung Siregar sering juga tampil di acara Car Free Day yang berlangsung di Jl Ijen tiap hari minggunya. Kali ini Dwi Pantara Youth Orchestras mengiringi peserta upacara waktu menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Beberapa foto yang bisa aku ambil di lapangan ini sebelum meeting di kantor.

IMG00280-20130520-0830

IMG00282-20130520-0831

IMG00283-20130520-0831

IMG00284-20130520-0832

IMG00285-20130520-0832

IMG00286-20130520-0832

Hari Kebangkitan Nasional bukan hanya sebagai seremonial alias untuk upacara bendera saja. Tetapi lebih kepada makna apa yang bisa kita ambil dari peringatan itu. Hari Kebangkitan Nasional lebih diartikan sebagai bangkitnya negara untuk menjadi lebih baik. Dimulai dari diri kita pribadi, sudahkah kita melangkah untuk lebih baik? Sudahkah kita menjadi pribadi yang kritis dalam menghadapi tantangan hidup? Sudahkah kita menjadi pribadi yang mandiri? Sudahkah kita bisa menjadi rule model di mana kita berada?

Begitu pula dengan semangat  nasionalisme kita. Apakah yang sudah kita berikan pada negara ini? Jangankan untuk negara untuk daerah kita dimana kita tinggal. Apakah kita sudah memberikan andil pada kemajuan daerah kita. Mungkin juga banyak dari kita yang sudah tidak bisa berbicara dengan menggunakan bahasa daerah. Jika suatu saat bahasa daerah diakui oleh bangsa lain, kita teriak-teriak. Seperti yang terjadi pada kasus lagu Rasa Sayange, kasus Reog, Angklung, dan yang paling miris ialah kasus batik. Lantas  siapa yang bertanggung jawab terhadap hal ini. Para pemuda seharusnya yang berperan penting untuk mencintai negara dan kebudayaan bangsa ini sebagai wujud rasa kecintaan pada tanah air kita.

Yuk bangkit mulai dari diri kita sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s