Wisata di Hutan Mangrove

Kalau boleh jujur berwisata di Indonesia gak bakalan ada habisnya. Ingin mencari apapun jenis wisata di Indonesia itu ada. Mau ke pantai, Laut, Hutan, candi, teluk, Sungai, Gunung, Pulau,Taman ada semua. Apa yang nggak ada di Indonesia? Makanya kita patut bersyukur ada di Indonesia. Dari pengelolaan objek wisata di seluruh Indonesia jika dikelola dengan apik maka bisa menghasilkan sumber devisa yang luar biasa. Mungkin dari hasil ini saja nggak perlu ada pajak kali ya. Ups itu sih hanya ada di pikiran saya saja. Dengan adanya kerjasama dari negara dan penduduk sekitar objek wisata pastinya penduduk sekitar akan menjadi makmur dan kaya raya.

Kali ini saya akan sedikit mengulas tentang objek wisata Hutan Mangrove.
Apa sebenarnya hutan mangrove itu? Hutan mangrove atau yang biasa disebut hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau yang terletak pada garis pantai dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan mangrove tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu.

Trus apa manfaatnya Hutan Mangrove? fungsi utama hutan bakau atau mangrove adalah untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan, serta meredam gelombang besar termasuk tsunami. Di Jepang, salah satu upaya mengurangi dampak ancaman tsunami adalah dengan memasang Green Belt atau sabuk hijau hutan mangrove atau hutan bakau. Sedangkan di Indonesia, sekitar 28 wilayah di Indonesia rawan terkena tsunami karena hutan bakau sudah banyak beralih fungsi menjadi tambak, kebun kelapa sawit dan alih fungsi lain. Makanya kenapa Hutan Mangrove itu perlu dilestarikan dan dirawat dengan baik.
mangrove2

Foto diambil dari "infomanfaat.com"

Foto diambil dari “infomanfaat.com”

Hutan mangrove bisa kita temui dimana ya? Salah satunya Hutan mangrove ada di Kepulauan Togean. Kepulauan Togean berada di Teluk Tomoni di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah. Rute dari Jakarta ke Togean adalah: Jakarta-Palu-Ampana-Togean. Dari Jakarta ke Palu Anda dapat menggunakan pesawat Lion Air, Sriwijaya Air, dan Garuda Indonesia, dari Bandara Sukarno Hatta Cengkareng menuju Bandara Mutiara di Palu sekitar 3 jam. Harga tiketnya berkisar antara 700 ribu rupiah sampai 1 juta rupiah. Dari Bandara Mutiara Palu, Anda dapat menyewa taksi bandara menuju travel dengan ongkos sekitar Rp50.000,00. Travel ini akan membawa Anda ke Ampana. Berikut pilihan armada travel menuju Ampana dengan tarif sekitar Rp110.000,00.

Info mengenai apa saja yang bisa kita nikmati di Kepulauan Togean bisa klik di sini.

Selain di Kepulauan Togean, hutan Mangrove bisa kita nikmati di Taman Nasional Bali Barat. Taman Nasional Bali Baratsecara administratif terletak di Kabupaten Jembrana dan Kab. Buleleng.

Info selengkapnya mengenai Taman Nasional Bali Barat klik di sini ya.

Oke Teman teman semuanya tetap jaga lingkungan and keep smile🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s