Bikin paspor mudah?

Paspor sekarang ini bukan barang langka. Tetapi sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa disepelekan. Betapa tidak bagi umat muslim untuk menyempurnakan rukun islam. Yakni rukun islam yang ke lima. Yup menunaikan ibadah haji.
Terus apa hubungannya dengan pembuatan paspor? Tentu amat sangat dekat. Paspor itu dokumen yang wajib dimiliki untuk melakukan perjalanan ke luar negeri.
Ada pepatah bilang, “lihatlah dunia ini”. Tuh khan sudah berapa banyak negara yang sudah kamu kunjungi.Ups, jadi tantangan besar untuk bisa berkeliling dunia. Apalagi kalau bisa gratis. Siapa sih gak mau? Aamiin. Semoga suatu saat aku bisa berkeliling dunia.
Kembali ke pokok pembahasan utama gimana cara bikin paspor. Ini berdasarkan pengalaman pribadiku ya.

Sekali lagi bikin paspor itu gampang dan gak ribet. Makanya gak perlu dech pake jasa calo.
Langkah pertama daftar online.
Buka ini ya http://www.imigrasi.go.id/
Klik menu ” Layanan publik”
Kemudian pilih menu “Layanan Paspor Online”

Kemudian akan muncul

menu utama

Klik “PRA PERMOHONAN PERSONAL”

Isi sesuai keinginan, dan akan muncul seperti ini

paspor online

Berkas yang perlu dipersiapkan agar ketika mencoba permohonan paspor online berhasil :

1. KTP

2. KK

3. Surat Nikah/ijazah/Akte Kelahiran

Jika untuk anak-anak berarti butuh KTP kedua orang tua pula

semua berkas di scan warna “greyscale” alias hitam putih. Kalau bingung berkas tersebut difotocopy dulu, cari fotocopy yang oke ya kemudian di scan.  Pastikan file tsb dalam bentuk  . jpg dengan ukuran 100KB-1 MB.

Setelah mendapatkan jadwal untuk wawancara, datanglah ke kanim/kantor imigrasi dimana anda mendaftar.

Untuk di Malang langsung aja ke loket 5  untuk berkas online. Setelah itu mengisi data 2 lembar dan membayar biaya paspor ke Bank BNI sebesar Rp 260.000,-.  Letaknya kantor cabang BNI di Blimbing tidak jauh dari kantor Dinas Imigrasi. Letaknya di jl a yani sebelum fly over arjosari.

IMG_20131231_114907

Kembali lagi ke kantor imigrasi kemudian menyerahkan bukti pembayaran untuk di ACC. Habis itu ambil no antrian untuk foto.  Eit jangan sampe menggunakan baju putih. Untuk anda yang berjilbab pakailah jilbab dengan warna mencolok supaya tidak dicereweti petugas. Misalnya coklat, hijau, merah, ungu. Jangan sekali-kali memakai jilbab putih atau mengarah ke warna putih.

Jangan heran ketika sudah no antrian anda untuk foto tiba-tiba ada orang yang langsung masuk begitu saja untuk foto. Harus ekstra sabar. Setelah foto tiba saatnya sesi wawancara. Wawancara? Iya. Tapi tenang aja bapaknya ini super ramah bagi anda yang berjiwa jujur alias kalau anda itu bukan calo atau menguruskan orang lain. Alhamdulillah waktu itu  aku hanya ditanya, “mau kemana? Ejaan namanya sudah benar? Silakan tanda tangan di sini. Tgl 6 Januari bisa diambil ya”.  So sweet ! Lancar jaya.

Tanggal 6 Januari  rencana aku ambil tuh paspor yang sudah jadi di kantor imigrasi. Karena kerjaan banyak apalagi hari senin baru nyampe kantor imigrasi jam 16:00. Hehehe petugasnya langsung dech begitu masuk nanya ,”mau apa mbak ? Jawabku, “ambil paspor pak”.   “Ini jam berapa mbak? Saya dah mau pulang”, timpal petugas yang masih stay di mejanya.

“Saya juga baru bisa pulang dari kantor nih pak”, jawabku. Eng ing eng padahal jam pelayanan itu sampai jam 16:00. Super sekali khan😀

Akhirnya aku pun dilayani.  Ngisi form pengambilan kemudian memfotocopy paspor yang sudah jadi kemudian menyerahkan fotocopy paspor dan pulang dech.

Terima kasih ya pak Rosul. Nama petugas yang melayani  pengambilan paspor.

Jangan ditiru sekali kali jangan ya. Untuk pengambilan usahakan maksimal jam 14:00 karena tempat fotocopy bisa aja sudah tutup. Dan anda harus fotocopy paspor di luar kantor imigrasi.

Sekian info tentang cara mengajukan pembuatan paspor.

paspor

Semoga bermanfaat🙂

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s