Tag Archive | Wisata

Museum Satwa

Saatnya liburan sekolah pastinya anak-anak sekolah ataupun yang sudah duduk di bangku kuliah bingung mau kemana ngabisin waktu liburan.  Gak mau donk kalau cuman duduk-duduk saja di rumah. Bosen, bete, jenuh itu yang dirasakan. Bagaimana dengan yang sudah jadi orang tua? nggak ikut ngerasain liburan tapi terkadang malah pusing mikirin mau ngajak anak-anak mereka liburan kemana.

Salah satu alternatif tempat liburan yang juga bersifat edukatif adalah Museum Satwa. Museum Satwa yang terletak di Jl Raya Oro-oro Ombo No 9 Kota Wisata Batu-Malang- Jawa Timur merupakan Museum Satwa terbesar dan terlengkap di Indonesia.  Museum ini menyajikan satwa-satwa yang diawetkan dan fosil-fosil purba yang didatangkan dari berbagai Negara diseluruh benua, seperti benua AmerikaAfrikaAsiaAustralia,EropaArtik, dan Antartika. Sesuai dengan tujuan didirikannya yaitu sebagai Lembaga Konservasi Ex-Situ Satwa Liar, maka seluruh satwa awetan yang ada di Museum Satwa diperoleh tidak dengan sengaja diburu tetapi diawetkan dari satwa yang telah mati. Selain itu Museum Satwa juga menyajikan replika satwa purba seperti ApatosaurusTyrannosaurus-RexStegosaurusMammoth, dan replika satwa purba lainnya.

Meskipun saya tinggal di Malang, tetapi baru kali ini bisa berkunjung ke Objek Wisata ini. Itu pun karena harus mendampingi anak-anak saya liburan ke sini bersama teman-teman dan para guru dari TKIT Salman Al-Farisi. Duh kebangetan banget kali ya. ….

Pilihan dari para guru saya pikir tepat sekali.  Selain untuk ajang liburan, anak-anak  bisa mengenal jenis-jenis fauna yang ada di bumi ini sejak dini.

Untuk bisa masuk ke Museum Satwa pastinya harus beli tiket dulu. Tiket masuk ke Museum Satwa bisa dibilang cukup murah.  Cukup dengan Rp 20.000,- kita sudah bisa masuk ke sini. Biarpun hari biasa ataupun hari  libur harga tiket tetap sama. Murah khan…

Museum satwa ini bagian dari Jatim Park 2. Jadinya setelah keluar dari Museum Satwa pengunjung belum capek bisa lanjut tuh ke Jatim Park 2. Saya  pribadi sich  baru dapat separuh melihat-lihat di Museum Satwa sudah capek banget. Kaki ini yang gak bisa diajak kompromi. Tapi emang Museum ini luar biasa luas banget. Namanya juga terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Ini nih foto-foto waktu saya dan rombongan dari TKIT Salman Al-Farisi berkunjung ke Museum Satwa.

patung gajah di luar museum

Klik untuk melihat isi Album

Museum Satwa dari Luar

Klik untuk melihat isi album

Peta lokasi

Peta lokasi

Berita seputar Wisata Museum Satwa Batu ada di sini.

Iklan

Air Terjun Grojogan Sewu – Pujon

Banyak dari anda mungkin yang belum mengetahui keberadaan air terjun yang satu ini, termasuk saya pribadi yang baru ngeh ada air terjun di sini. meskipun sering melewati jalan ini ketika mudik ke kediri, tapi saya tidak memperhatikannya. Baru ketika mudik ke Nganjuk saya melihat ada air terjun yang lumayan menarik. Dan sayapun memutuskan nanti ketika balik ke Malang harus mampir nih.

Setelah balik dari Nganjuk dan sesampainya di lokasi ini, saya pun bertanya ke orang-orang disekitar yang saya temui bagaimana caranya untuk sampai ke air terjun itu.

Air Terjun ini bernama “Grojogan Sewu”. Banyak dari kita mungkin langsung menunjuk ke kota Karanganyar Jawa Tengah yang di daerah tersebut ada nama air terjun yang sama. Oho, bukan di sana. Air Terjun ini terletak di Dusun Tretes Desa Bendosari Pujon-Malang. Air terjun ini bisa dilihat dari jalan raya, dan memang letaknya tidak jauh dari Jalan Raya. Hanya sekitar 100 m dari Jalan Raya.

Untuk menuju air terjun ini kita harus berjalan kaki, karena memang akses jalan hanya mungkin untuk pejalan kaki. Melewati pintu masuk yang bertuliskan nama air terjun, berjalan melewati jembatan gantung hasil dari AMD (Abri Masuk Desa), menyusuri jalan setapak di pinggiran sawah yang lumayan terjal dan sampailah ke lokasi.

Pintu Masuk jembatan

jembatan gantung

jembatan gantung

Jalan Menuju Air Terjun

View Di Dekat Air Terjun

Di sisi Air Terjun terlihat banyak dupa dan sesajen di bawah pohon Beringin. Padahal di Pohon Beringin ada tulisan “Ini Bukan Pohon Keramat, Berteduhlah di sini”. Tapi ya tetep aja ada saja orang yang menjadikan pohon itu sebagai keramat dan mungkin mencari ilmu kanuragan….Hiyak….

Pohon Beringin

Pohon Beringin

Air terjun Grojogan sewu

Air terjun Grojogan sewu

Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu

Menurut saya pribadi memang lokasi wisata ini tidak terawat dengan baik. Terutama akses jalan. Andai saya jadi pemimpin di situ, saya akan merombak aset wisata itu menjadi lokasi wisata yang aduhai. Dengan cara membangun jalan yang mulus sehingga mobilpun bisa sampai ke lokasi tersebut. Mendirikan tempat penginapan yang memadai dan fasilitas-fasilitas yang mendukung lainnya. Diharapkan lokasi wisata ini lebih ramai dikunjungi banyak orang. Warga penghasilannya bertambah dan juga pendapatan daerah bertambah pula dari sini:)

Ini cerita saya, bagaimana dengan anda?