Archive | Mei 2013

Menunda Investasi? Jadi Miskin Lho..

Tulisan ini saya ambil dari sini http://finance.detik.com/read/2013/05/28/071518/2257533/722/menunda-investasi-jadi-miskin-lho–1-

Menunda Investasi? Jadi Miskin Lho.. (1)

Aidil Akbar Madjid – detikfinance
Selasa, 28/05/2013 07:15 WIB
https://i1.wp.com/images.detik.com/content/2013/05/28/722/aa2dalam.jpg
Jakarta – Masih banyak orang yang berpikir, sebenarnya butuh nggak ya layanan atau jasa seorang Perencana Keuangan? Banyak juga orang yang kemudian berpikir bahwa mereka merasa tidak memerlukan jasa Perencanaan Keuangan.Sebagian dari mereka mungkin berpikir bahwa mereka telah memiliki rumah, harta warisan yang belum dibagikan, tabungan pensiun dari kantor, asuransi dari kantor, Jamsostek dan lain-lain. Akan tetapi apakah pernah terpikirkan oleh mereka apabila dana-dana tersebut benar-benar cukup untuk memenuhi kebutuhan keuangan mereka? Pernah nggak sih dilakukan perhitungan secara detil?Sebagai contoh untuk tabungan dana pensiun.yang didapatkan dari kantor dengan model Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK), Anda mungkin tidak pernah tahu berapa besar perhitungan dana pensiun yang akan diterima nantinya di masa pensiun (kecuali bisa dihitungkan).

Padahal apabila dihitung maksimum yang bisa diterima dari tabungan pensiun tersebut misalnya adalah sebesar Rp 5 juta per bulan, karena perhitungan maksimal Penghasilan Dasar Pensiun (PhDP) adalah sebesar Rp 5 juta per bulan apabila karyawan tersebut mendapatkan 100% dari formula tersebut, yang sudah barang tentu hanya akan didapatkan oleh top executive dari perusahaan.

Apa jadinya apabila mereka hanya seorang manajer menengah? Atau bahkan karyawan dan staff biasa saja.

Ini baru satu contoh saja dan kebetulan contohnya untuk investasi jangka panjang. Dan masih banyak rencana jangka panjang lainnya yang membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Nah, bayangkan apabila dari awal Anda sudah salah dalam menempatkan dana anda. Sebagai contoh, dana pensiun yang diperlukan 20-30 tahun lagi Anda tempatkan ke tabungan yang hanya memberikan rata-rata 2-5% bunga per tahun.

Kesalahan ini fatal, karena dengan rata-rata inflasi yang tinggi sementara bunga tabungan dana pensiun yang rendah menyebabkan Anda mungkin tidak bisa mencapai target dana pensiun yang Anda inginkan. Semakin fatal ketika Anda baru mengetahui ketika sudah terlanjur atau telat, misalkan sudah berjalan 5, 10 atau bahkan 15 tahun kemudian.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, investasi khususnya di produk keuangan/pasar modal membutuhkan waktu yang cukup panjang dan dilakukan secara rutin agar investasi kita bisa berkembang.

Semakin dekat jarak waktu investasi kita, maka semakin besar dana yang harus dicicil setiap bulannya. Itulah sebabnya sangat penting untuk kita mulai melakukan perencanaan keuangan dan investasi dari sekarang, dan dilakukan dengan cara dan perhitungan yang benar.

Di tulisan edisi berikutnya akan saya berikan contoh perbedaan nominal ketika kita terlambat atau menunda melakukan perencanaan keuangan dan investasi.

(ang/ang)

Untuk merencanakan dana pensiun anda, saya bisa merekomendasikan beberapa program dari AIA . Solusi prima https://ecayana.wordpress.com/2013/05/28/solusi-prima-untuk-anda-yang-prima/, atau Solution for Retirement https://ecayana.wordpress.com/2013/05/18/solution-for-retirement/ atau bisa juga Aktiva Prima https://ecayana.wordpress.com/2013/05/18/aktiva-prima-aia/.
Hubungi saya di 085646783976 atau Pin BB 31ACAB7F untuk informasi lebih lanjut.
Iklan

Solusi Prima Untuk Anda Yang Prima

Apapun perencanaan keungan anda bicarakan bersama kami, AIA Financial • Solusi Prima adalah solusi pemenuhan tujuan finansial nasabah dimasa mendatang dan memperoleh perlindungan jiwa di saat yang sama.

• Nilai Akun dapat digunakan untuk memenuhi tujuan finansial di masa mendatang dengan masa pembayaran premi yang terbatas.
•Dengan masa pembayaran terbatas 3 tahun, Solusi Prima memungkinkan dana terus bertumbuh dan terus terlindungi selama 20 tahun

* Bisa dipakai untuk perencanaan Biaya pendidikan¸Biaya pernikahan¸Modal usaha¸Dana Pensiun.
* Penawaran terbatas !

Ada yang seperti ini, anda belum juga take it now?

Untuk mengikuti program ini, kelengkapannya :

1. Fotocopy identitas diri yang masih berlaku, KTP/SIM/Pasport

2. Mengisi form aplikasi

3. Fotocopy identitas buku tabungan, BCA/BII/Niaga/BRI/Mandiri

 

Info lebih lanjut hubungi saya:

Asnik Yanatun,S.Pd

Office : PT AIA Financial

EAM Business, Jl Merbabu no 29 Malang

Telp 0341-334455

HP 085646783976/ PIN BB 75808D4D

The last day in Asean Blogger Festival 2013

Apa kabar semuanya? Kembali lagi saya menulis kegiatan yang saya alami ketika mengikuti acara Asean Blogger festival Indonesia 2013. Kalau nggak segera di tulis segera lupa akan rundown nya. Meskipun pengalaman ini nggak ada duanya. Tetap setia menggunakan paket Speedy di rumah  dari PT Telkom Indonesia upload foto jadi secepat kilat dan gak ada ceritanya lelet.  Berikut liputan saya.

 Pagi-pagi sekitar jam 06:30 Bus yang akan membawa  peserta ABFI  ke Jl Slamet Riyadi  sudah standby di depan Hotel Sahid Jaya Solo. Duh gak sabar kepengen naik kereta tua aja. Sesampai di Jl Slamet Riyadi (Gladak) kami setia menunggu kereta itu. Jeprat jepret yang ada di daerah situ. Capek Jeprat jepret duduk di depan Pusat Grosir Solo (PGS) yang belum buka juga. Kebetulan hari itu bertepatan dengan acara rutin Car Free Day di Jl Slamet Riyadi yang digelar setiap hari minggu. Jadinya lumayan ada pandangan mata yang bisa dilihat kesana kemari.

Patung Riyadi

Patung Slamet Riyadi

IMG00200-20130512-0752

IMG00204-20130512-0801

IMG00206-20130512-0824

Setelah lama menunggu akhirnya kereta tua ” SEPUR KLUTHUK JALADARA” pun tiba.  Sik asyik ayo naik semua bro &sist. Melewati Jl Slamet Riyadi, kemudian ke Purwosari. Perjalanan dengan menaiki Sepur Kluthuk Jaladara pun berakhir di Stasiun Purwosari.

Setelah itu kita menaiki  bus  menuju Keraton Surakarta untuk acara penutupan Asean Blogger Festival 2013. Jarak antara Stasiun Purwosari ke Keraton Surakarta memang tidaklah jauh. Nggak sampe 10 menit kita pun sudah sampai di dekat keraton dimana bus bisa parkir dengan leluasa. Dalam hati berat banget berpisah dengan teman-teman di sini. meskipun baru bersama beberapa hari saja, tetapi kita sudah seperti saudara.

IMG00211-20130512-0849

Kereta lewat depan ini

IMG00215-20130512-0851

Lewat depan sini juga

IMG00214-20130512-0851

IMG00218-20130512-0851

IMG00219-20130512-0856

IMG00222-20130512-0859

IMG00220-20130512-0857

IMG00226-20130512-0903

IMG00227-20130512-0918

Sebelum memasuki Keraton kami disambut oleh pemandu wisata dari keraton. Beliau  menjelaskan secara detail aturan memasuki Keraton Surakarta. Bagi pria dilarang menggunakan topi, menggunakan celana pendek dan sendal jepit pada saat memasuki keraton Surakarta. Bagi wanita dilarang menggunakan celana dan juga dilarang memakai sendal  saat memasuki keraton Surakarta. Eit saya sama sekali tidak mengetahui hal ini. Dan panitia pun juga tidak menginformasikan hal ini. Trus bagaimana nasib saya ini? Pakai celana dan memakai sendal juga. Aturan di sini kalau wanita memakai celana harus memakai kain panjang sebagai penutup celana tersebut. Setelah salah satu panitia mencoba berdiskusi dengan pemandu wisata dari Keraton tersebut akhirnya kita di persilakan masuk. Karena bukan hanya saya yang memakai celana. Banyak teman saya yang wanita memakai celana juga. Trus gimana dengan sendal ini? Untuk sendal tidak ada toleransi. Terpaksa kita menenteng sendal selama di dalam Keraton Surakarta.Pasti bakalan  sakit nih kaki. Itung-itung terapi kaki nanti pikirku untuk menghibur hati.

1589050-kraton_solo_centraljava-surakarta

Foto saya ambil dari sini http://altratour.com/index.php?option=com_content&view=article&id=75:keraton

Sebelum memasuki Keraton ada parade pasukan Keraton keluar dari Sitihinggil Lor Keraton Surakarta. Pasukan tersebut memakai seragam layaknya prajurit dengan tangan memegang pedang. Setelah memasuki kompleks Sitihinggil Lor/Utara, sampailah kita pada Kompleks Sri Manganti dengan melewati pintu gerbang yang disebut dengan Kori Kamandungan. Di depan sisi kanan dan kiri gerbang yang bernuansa warna biru dan putih ini terdapat dua arca. Di sisi kanan dan kiri pintu besar ini terdapat cermin besar dan diatasnya terdapat suatu hiasan yang terdiri dari senjata dan bendera yang ditengahnya terdapat lambang kerajaan. Hiasan ini disebut dengan Bendero Gulo Klopo. Di halaman Sri Manganti terdapat dua bangunan utama yaitu Bangsal Smarakatha disebelah barat dan Bangsal Marcukundha di sebelah timur. Sayang sekali batrei BB saya habis sehingga saya tidak bisa mengambil gambar sama sekali ketika di sini.

Sampailah kita pada Kompleks Kedaton, dimana acara pentupan Asean Blogger Festival Indonesia 2013 di gelar.  Halaman Kedhaton dialasi dengan pasir hitam dan ditumbuhi oleh berbagai pohon antara lain ditanami dengan pohon  Sawo Kecik (Manilkara kauki; Famili Sapotaceae). Selain itu halaman ini juga dihiasi dengan patung-patung bergaya eropa. Ketika melewati area ini lumayan untuk terapi kaki karena saya berjalan tanpa alas kaki.

Di sini kami disuguhi dengan tarian srimpi dan perang-perangan yang dimainkan oleh penari-penari khusus dari Karaton Surakarta Hadiningrat. Tak lupa Gusti Kanjeng Ratu Wanda juga memberikan kata-kata sambutan untuk lebih memperkenalkan Keraton Surakarta pada semua peserta Asean Blogger Festival Indonesia 2013. Sebelum acara penutupan kita juga disuguhi makanan pembuka. Namanya apa saya juga kurang tahu. Kalau istilah saya sendiri itu namanya Kue Lapis.

IMG00228-20130512-1255

Kue Lapis, Sosis Solo & Teh untuk hidangan pembuka.

Setelah acara penutupan kita disuguhi makan siang dengan menu Selat Segar Solo, Nasi liwet dan teh. Sayang gak bisa ambil fotonya. Karena benar-benar batrei habis. Biar gak penasaran apa itu Selat Segar Solo dan Nasi liwet, gambar ini saya ambil dari sini http://surakarta.go.id/konten/solo-culinary-destination. Adapun bentuk penyajian waktu kita di Keraton lebih bagus dari ini ya.

selat segar

Selat Segar Solo

nasi liwet solo

Nasi Liwet Solo

Benar-benar Solo itu Kota Budaya. Solo itu bisa dikatakan Spirit of Java.  Bener-bener ngangenin dan pengen kembali berkunjung ke kota ini. Apalagi Keraton Surakarta. Ini merupakan pengalaman pertama saya bisa masuk Keraton Surakarta. Pengalaman pertama dan nggak akan pernah bisa saya lupakan. Terima kasih semuanya. Semoga kita bisa ketemu di acara  selanjutnya.

Informasi terkait dengan Keraton Surakarta bisa klik di sini http://kratonsurakarta.com/.

Upacara Bendera Hari Kebangkitan Nasional

Hari Senin tanggal 20 Mei 2013 kemarin ada yang tampak aneh di lapangan Oro-oro Dowo depan kantor PT AIA Financial, dimana aku bekerja. Tampak beberapa orang memakai baju adat dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka sedang melakukan upacara bendera. Hari gini masih ada yang upacara bendera ya? Celetuk dalam hatiku. Kalau masih sekolah atau di bekerja di bidang pendidikan mungkin aja. Lah ini gak ada anak kecilnya gitu. Siapakah gerangan mereka.

Lihat jam di HP masih jam 8 lebih dikit. Bisa liputan nih pikirku. Eit, pakai sepatu high hell gini mau ke lapangan. Nggak banget dech. Masuk kantor cari pinjeman sandal jepit. Di tengah lapangan ada wartawan dari salah satu surat kabar di Malang. Bisa tanya-tanya sudah dapat apa aja di situ.

IMG00281-20130520-0831

Ternyata mereka sedang memperingati Hari Kebangkitan Nasional dengan melakukan upacara bendera. Sebelum cerita lebih jauh lagi mungkin ada yang belum ngeh apa itu Hari Kebangkitan Nasional.

Hari Kebangkitan Nasional di peringati untuk mengenang saat-saat bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan dan Nasionalisme serta kesadaran memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang sebelumnya tidak muncul (sulit) di masa penjajahan Belanda dan Jepang.

Masa kebangkitan ini diawali dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo (20 Mei 1908) dan ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928). 

Tokoh-tokoh yang mempolopori Kebangkitan Nasional, antara lain yaitu :

  1. Sutomo
  2. Ir. Soekarno
  3. Dr. Tjipto Mangunkusumo
  4. Raden Mas Soewardi Soerjaningrat (EYD: Suwardi Suryaningrat, sejak 1922 menjadi Ki Hajar Dewantara)
  5. dr. Douwes Dekker 

Sejarah lengkap dari Hari Kebangkitan Nasional bisa lihat di sini .

Kembali ke ceritaku kemarin ya 🙂

Upacara Bendera kemarin itu diikuti oleh Encompass, Debu Nusantara, Dwi pantara Youth Orchestra dan beberapa organisasi daerah yang ada di Malang. Encompass  itu organisasi non goverment dan bisa disebut “Multicultural Organisation”. Adapun Dwi Pantara Youth Orchestra pimpinan Bpk Agung Siregar sering juga tampil di acara Car Free Day yang berlangsung di Jl Ijen tiap hari minggunya. Kali ini Dwi Pantara Youth Orchestras mengiringi peserta upacara waktu menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Beberapa foto yang bisa aku ambil di lapangan ini sebelum meeting di kantor.

IMG00280-20130520-0830

IMG00282-20130520-0831

IMG00283-20130520-0831

IMG00284-20130520-0832

IMG00285-20130520-0832

IMG00286-20130520-0832

Hari Kebangkitan Nasional bukan hanya sebagai seremonial alias untuk upacara bendera saja. Tetapi lebih kepada makna apa yang bisa kita ambil dari peringatan itu. Hari Kebangkitan Nasional lebih diartikan sebagai bangkitnya negara untuk menjadi lebih baik. Dimulai dari diri kita pribadi, sudahkah kita melangkah untuk lebih baik? Sudahkah kita menjadi pribadi yang kritis dalam menghadapi tantangan hidup? Sudahkah kita menjadi pribadi yang mandiri? Sudahkah kita bisa menjadi rule model di mana kita berada?

Begitu pula dengan semangat  nasionalisme kita. Apakah yang sudah kita berikan pada negara ini? Jangankan untuk negara untuk daerah kita dimana kita tinggal. Apakah kita sudah memberikan andil pada kemajuan daerah kita. Mungkin juga banyak dari kita yang sudah tidak bisa berbicara dengan menggunakan bahasa daerah. Jika suatu saat bahasa daerah diakui oleh bangsa lain, kita teriak-teriak. Seperti yang terjadi pada kasus lagu Rasa Sayange, kasus Reog, Angklung, dan yang paling miris ialah kasus batik. Lantas  siapa yang bertanggung jawab terhadap hal ini. Para pemuda seharusnya yang berperan penting untuk mencintai negara dan kebudayaan bangsa ini sebagai wujud rasa kecintaan pada tanah air kita.

Yuk bangkit mulai dari diri kita sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Dumblek

Dumblek. Apaan tuh? Mungkin hanya segelintir orang yang tahu apa itu dumblek. Dumblek itu nama jajanan pasar yang berasal dari Desa Gondang, Kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk-Jatim. Rasanaya hampir mirip dengan “Pudak” yang berasal dari Gresik. Hanya saja “Dumblek” ada dua macam. Ada yang berwarna putih dan ada yang berwarna coklat.

Dumblek. What kind of food is this? Maybe only a few people who knows about this food. Dumblek is a traditional food from Gondang Village, Kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk-East Java. The taste is almost look like “Pudak”, which is from Gresik. But “Dumblek” only just have two kinds of it. The colors about white and brown.

DumblekMakanan ini terbuat dari tepung beras, santan dan gula. Untuk yang warna coklat pakai gula merah. Kalau yang warna putih mirip pudak memakai gula putih. Yang paling unik, bungkusnya memakai pelepah dari batang pohon pisang. Makanan ini hanya bisa didapatkan ketika pasaran Pon di Pasar Gondang dan Pasaran kliwon di Pasar Rejoso.

This food composed from rice fluor, coconut milk and sugar. For the brown Dumblek its using coconut sugar. Which is the white one similiary with Pudak which is using sugar. The almost unique from this food is package it with banana midrib. This food only can be found in traditional Pon market at Pasar Gondang and Kliwon market at Pasar Rejoso.

Dumblek

Dumblek

Dumblek

Dumblek

Sayangnya ketika minta tolong adik saya yang tinggal di Nganjuk untuk beli Dumblek ini, yang warna putih sudah habis 😀

Klik di sini, untuk melihat situs resmi kota Nganjuk.

See You in next my article.

Solution For Retirement

Salah satu program dari AIA yang dirancang untuk perencanaan dana pensiun adalah “Solution”. Solution ini bisa diikuti oleh semua lapisan masyarakat. Karena premi yang ditawarkan cukup murah dibandingkan dengan program AIA yang lain. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak mempersiapkan perencanaan dana pensiun anda secara matang sejak dini sejak anda produktif bekerja. Tinggal pilih saja, ingin pensiun nikmat atau pensiun dari kenikmatan?

Berikut solusinya :

img019

 

img016

 

img018

 

Untuk memudahkan memahami berikut ilustrasinya:

flyer dana pensiun

 

EAM Business adalah mitra bisnis dari PT AIA Financial.

Untuk informasi lebih lengkap Hubungi saya, Asnik Yanatun,S.Pd di 085646783976/ Pin BB 31ACAB7F

Aktiva Prima -AIA

Aktiva Prima merupakan program unggulan dari PT AIA Financial yang dirancang untuk investasi. Bisa digunakan untuk perencanaan dana pendidikan anak atau untuk perencanaan dana pensiun.

100% investasi – tanpa biaya akuisisi
GRATIS Asuransi Jiwa
Setiap investasi 20 juta = 1 poin hadiah langsung 1 gram Emas Murni
Perbandingan Hasil Investasi Di Unit Link Prima dengan di Deposito

Perbandingan Hasil Investasi Di Unit Link Prima dengan di Deposito

Brosur Aktiva Prima hal 1

img020

img022

img023

Info lebih lanjut hubungi saya di 085646783976 atau PIN BB 75808D4D